Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Bisnis Online, Cari Untung malah Buntung

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 Januari 2017 - 09:45 WIB

Borneonews, Pangkalan Bun - BISNIS online saat ini mengalami puncaknya. Tak membutuhkan modal tempat secara fisik, bisnis online cukup menggiurkan karena bisa meraup keuntungan berkali-kali lipat.

Tapi tahu kah Anda, ancaman bisnis online juga sangat besar. Dilansir dari infobank.com, dari 26 negara yang disurvei, Indonesia menduduki peringkat ketiga korban penipuan online selama periode 2016.

Triliunan rupiah uang hilang siasia, penyebabnya tak lain, pelaku bisnis online tidak waspada.

Berikut Borneonews akan membagikan tips aman berbisnis online dari salah satu pengelola group bisnis online di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

1. Jika anda belanja barang melalui online, pastikan Anda bertransaksi di toko online resmi, bukan di facebook, instagram ataupun BBM. "Karena toko-toko online yang memiliki kredibilitas, jelas memiliki sistem pembayaran yang jelas dan memiliki berbagai macam pilihan," ujar Toni, Selasa (3/1/2017) pagi.

2. Meningkatkan kepercayaan. Artinya, kata dia, lakukanlah pertemuan saat jual beli untuk menghindari transaksi pembelian barang fiktif. "Kalau jauh bisa menggunakan rekening bersama," ulasnya.

3. Selain itu, para calon pembeli online juga harus memperhatikan sistem retur atau pengaduan dari toko online jika ingin menyampaikan keluhan. "Contoh jika komplain, pertanggungjawabannya harus jelas," katanya lagi.

Ia menyimpulkan, dalam bertransaksi online sendiri lebih dikembalikan ke kepercayaan pribadi masing-masing calon customer. Mengingat kebutuhan belanja adalah kebutuhan pribadi dan tergantung dari kepuasan. (CECEP HERDI/B-2)

Berita Terbaru