Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Kawasan Ibukota RI Dikelilingi Komoditas Unggulan Baru

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Januari 2017 - 18:37 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kawasan yang dipersiapkan untuk rencana pemindahan Ibukota Pemerintahan RI di Kalimantan Tengah (Kalteng) cukup menarik. Pasalnya, area seluas 300 ribu hektare itu, dikelilingi ribuan hektar kawasan pengembangan komoditas unggulan baru di Bumi Tambun Bungai ini.

'Di sekeliling area letak Ibukota itu, disiapkan pengembangan potensi wilayah dengan pengembangan komoditas unggulan baru di wilayah hinterland-nya (daerah penyuplai kebutuhan masyarakat kota-red),' kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kepada Borneonews, Kamis (12/1/2017).

Sugianto melanjutkan, pengembangan komoditas unggulan baru tersebut antara lain padi organik, sengon, tebu, singkong, dan bambu. Pengembangan komoditas ini tersebar di beberapa kabupaten di sekitar kawasan segitiga emas tiga kabupaten seluas 300 ribu hektar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng, Herson B Aden menambahkan, untuk pengembangan Padi Organik, disiapkan seluas 300.000 hektare di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Kemudian untuk komoditas Sengon, dicadangkan seluas 400.000 hektare di Kabupaten Gunung Mas, Katingan, Pulang Pisau, Kapuas dan Kota Palangka Raya. Berikutnya, komoditas tebu disiapkan seluas 300.000 hektare di wilayah Kabupaten Barito Timur.

'Selanjutnya komoditas singkong, disiapkan seluas 40.000 hektare terletak di Kabupaten Seruyan, serta komoditas bambu, seluas 20.000 hektare, juga di Kabupaten Seruyan,'terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Sugianto merespon cepat permintaan Presiden Joko Widodo saat bertandang ke Kalteng bulan lalu agar mempersiapkan areal seluas 300-500  ribu hektare untuk kebutuhan calon Ibukota Pemerintahan RI.

Sugianto menyanggupi dan bahkan sudah berupa peta, yang kemudian dipaparkan di depan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) di gedung Bappenas Jakarta, Rabu (11/1/2017) kemarin.

Cadangan lahan untuk rencana lokasi Ibukota RI seluas 300 ribu hektare yang disiapkan Sugianto, mencakup tiga wilayah administrasi, yakni Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya. (M ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru