Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikan Laut di Katingan Dipasok dari Banjarmasin, Ini Dampaknya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Januari 2017 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Harga ikan laut di Pasar Kasongan Kabupaten Katingan sejauh ini fluktuatif atau naik turun. Penyebabnya, penetapan harga dari distributor yang tak menentu . Apalagi, pedagang menyebutkan ikan laut di daerah itu dipasok dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Harga ikan laut sejauh ini naik turun. Soalnya kita menyesuaikan dengan harga yang ada di Banjarmasin, sebab pasokan ikan laut yang dikirimkan ke kita berasal dari Kalimantan Selatan," sebut Idah, penjual ikan laut di Pasar Kasongan, Jumat (13/1/2017).

Idah mencontohkan, saat ini menjual ikan kembung atau yang dikenal dengan peda seharga Rp40 ribu per kilogramnya. Padahal dua hari lalu ikan ini masih dijual Rp35 ribu per kilonya.

Sementara untuk jenis lajang saat ini dijual Rp35 ribu per kilo dari sebelumnya Rp28 ribu per kilonya. Sedangkan harga udang laut seukuran jari anak-anak dijual Rp35 ribu per kilo. Padahal dua hari lalu masih Rp30 ribu per kilogram.

"Sekarang harga jenis ikan laut rata-rata mengalami penaikan semua. Tapi kita tidak tahu besok, soalnya tergantung harga dari penjual yang ada di Banjarmasin," imbuhnya.

Sejumlah warga Kasongan mengaku meski ada kenaikan harga namun mereka tetap memburu ikan laut ini, terutama jenis peda dan udang. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru