Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia Mulai Panen Tanaman Sawit Muda Tahun Ini

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 18 Januari 2017 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Program peremajaan tanaman sawit yang dilakukan Indonesia sejak beberapa tahun lalu, akan mulai terlihat hasilnya pada musim panen tahun ini.

Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, menyatakan tahun ini Indonesia akan menikmati produksi tanaman muda kelapa sawit berusia 3 hingga 4 tahun yang mulai menghasilkan, ditambah tanaman menghasilkan berusia 4 sampai 7 tahun yang mulai mengalami peningkatan produksi.

"Tanaman-tanaman tersebut ditanam sejak 2010 hingga 2014 dan menopang tercapainya produksi 36 juta ton Crude Palm Oil (CPO) hingga akhir tahun," katanya kepada pers di Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Sedangkan kondisi cuaca maupun curah hujan tahun ini, menurut Derom, masih cukup baik dan berdampak pada produksi 2017.

"Berbeda dengan kondisi tahun lalu akibat El Nino 2015 yang memicu kekeringan dan kebakaran, produksi CPO tahun ini akan semakin membaik," papar dia.

Derom menambahkan, visi pemerintah pada 2045 yang membidik produksi 60 juta ton CPO adalah dengan memperhitungkan luas kebun sawit nasional bisa bertambah menjadi 12 juta hektare (ha) dan produktivitas 5 ton CPO per ha. Hanya saja, harus diperhitungkan juga bahwa peremajaan di kebun kelapa sawit dilakukan bertahap.

"Luasannya sekitar 12%, kalau 2045 lahan kelapa sawit nasional ada 12 juta hektare, ada sekitar 1 juta hektare yang diremajakan. Artinya, yang berproduksi hanya 11 juta hektare, produktivitas harus dipacu menjadi minimal 5,5 ton per hektare supaya target visi itu tercapai," ujar Derom. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru