Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Angin Kencang di Kotim Diprediksi Terjadi hingga April

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 23 Januari 2017 - 17:17 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, menyampaikan, hujan deras disertai tiupan angin kencang masih berpotensi terjadi pada Maret hingga April mendatang.

"Sepanjang maret diprediksi masih berpotensi terjadi angin kencang. Sebab, masih musim hujan," kata Kepala Stasiun BMKG Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan, Senin (23/1/2017).

Setiawan mengatakan, angin kencang yang terjadi saat ini bisa saja lebih tinggi dari sebelumnya. Bukan hanya terjadi di wilayah Sampit, namun juga berpotensi di kecamatan wilayah Kotim lainnya.

Dia menambahkan, munculnya angin kencang diakibatkan adanya pembentukan awan panas atau awan konventif. Biasanya pembentukan awan konventif itu, terlebih dulu cuacanya panas untuk menyerap uap dan barulah terjadi hujan yang disertai angin kencang.

"Biasanya angin kencang itu terjadi sore dan malam hari. Tapi siang hari tidak menutup kemungkinan akan terjadi. Karena cuaca saat ini sulit diprediksi. Jadi masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati jika hujan turun," ujarnya. (R.NAFARIN/B-11)

Berita Terbaru