Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Butuh CPNS Bidang Ini...

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 08 Februari 2017 - 19:28 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) berencana melakukan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ada bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan untuk mengisi kekurangan aparatur sipil negara (ASN) tersebut.

"Kapan waktunya seleksi CPNS belum bisa menyampaikan. Tapi kita kemarin dimintai mengisi format kebutuhan PNS oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat. Hari ini kita siapkan, kalau kemarin kita cuma melalui aplikasinya Menpan mengenai formasi. Sekarang BKN lagi yang minta kebutuhan pegawai kita ada berapa," ujar Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim Alang Arianto, Rabu (8/2/2017).

Alang mengatakan kekurangan pegawai di daerah itu memang masih banyak. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir tidak ada perekrutan CPNS. Padalah, setiap tahun jumlah pegawai yang pensiun bisa mencapai 100 orang lebih.

"Harusnya memang diadakan perekrutan. Tapi kita juga melihat kebijakan pusat. Karena CPNS ini yang dibiayai Dana Alokasi Umum (DAU) dari pusat. Jadi pusat yang menentukan besarannya termasuk Menkeu," beber Alang.

Saat ini dominasi kekurangan pegawai di sektor pendidikan seperti guru, juga di sektor kesehatan seperti perawat, bidan, dan dokter. Selain itu, setelah pemberlakuan organisasi perangkat daerah yang baru yang efektir berlaku sejak awal Januari 2017 lalu kini daerah juga kekurangan staf. Selain itu, juga masih banyak membutuhkan staf bidang ekonomi dan akuntansi, serta teknologi dan informasi. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-5)

Berita Terbaru