Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Niang Olah Rotan Jadi Produk Bernilai Ekonomi Tinggi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Februari 2017 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Niang (39) memulai usahanya dengan mengajukan kredit sebesar Rp100 juta. Hal itu dilakukannya setelah sekian lama menjadi penganyam rotan. Bedanya, setelah mendapat pinjaman dari bank, Niang kemudian dapat memasarkan sendiri anyaman rotannya dengan keuntungan yang lebih besar.

"Pegawai saya sekarang tiga orang dan bisa memasarkan sendiri produknya. Produk saya ada tas, topi, lawung, sumping dan tikar," ungkap Niang kepada Borneonews beberapa waktu lalu.

Menurut pengusaha anyaman rotan ini, ia mendapat rotan kualitas setengah jadi dari Kabupaten Barito Selatan. Bahan setengah jadi itu kemudian diproses melalui beberapa tahap seperti pewarnaan dan penjemuran.

"Kalau menganyamnya sebentar saja.Satu hari dapat saja satu buah tas, karena pemasarannya masih di rumah, pembelinya kebanyakan masih warga lokal. Tapi kita sudah bekerja sama dengan beberapa pihak sehingga ketika ada kunjungan akan diarahkan ke tempat kita," tambahnya.

Niang juga menyebut produk yang ia jual paling murah dihargai Rp80 ribu hingga yang termahal Rp500 ribu. "Cukup terjangkau untuk suatu kualitas produk lokal," kata dia. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru