Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lima Mesin Diesel Tiba di PLTD Pangkalan Bun

  • Oleh Cecep Herdi
  • 23 Maret 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lima mesin tenaga diesel untuk PLN Rayon Pangkalan Bun yang didatangkan dari Palangka Raya sudah tiba di kantor PLTD Kumai. Lima mesin tersebut masing-masing berkapsitas 800 kilowatt, dan diangkut oleh enam truk besar (TB).

"Sudah tiba enam truk. Lima truk membawa mesin, satu truk lagi spare partnya. Saat ini lagi proses pembongkaran dari truk," kata Supervisor Teknik PLN Rayon Pangkalan Bun, Edhie Juli Purba kepada Borneonews, Kamis (23/3/2017).

Kondisi listrik di Kobar dan dua kabupaten lainnya, kini tengah krisis. Setiap hari rutin diadakan pemadaman bergilir, siang maupun malam hari. Menurut Purba, itu disebabkan oleh PLTU Kumai yang dikelola PT Eksploitasi Energi Indonesia (EEI) sudah tidak fungsional menyuplai daya listrik. Ditambah mesin pembangkit KTH (Korintiga Hutani) juga saat ini tidak beroperasi.

"Target kita ini segera terinstal mesin dieselnya. Sesuai work plan tanggal 10 April sudah beroperasi," katanya.

Rencananya akan ada 13 mesin yang akan dikontrak PLN. Total daya yang dihasilkan ketiga belas mesin berbahan bakar solar tersebut sebesar 8 megawatt (MW).

"Kalau sudah terpasang semua, tidak akan ada pemadaman bergilir lagi. Malah dayanya surplus atau lebih. Kecuali kalau ada gangguan binatang atau alam. Kalau dari daya sudah sangat mencukupi," katanya. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru