Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara 'Menambang' Sampah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 April 2017 - 14:38 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bagaimana cara pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga sampah tersebut bisa dimanfaatkan menjadi bahan yang berguna Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Sampah Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Barat (DLH Kobar) menjelaskan caranya.

"Setiap hari sampah yang masuk di TPA diratakan dan ditutup tanah menggunakan sistem sanitary landfill. Dengan melakukan hal yang sama setiap hari, lama-lama lapisan sampah di TPA semakin meninggi," ujarnya kepada Borneonews, Rabu (5/4/2017).

Menurutnya, sampah yang berada di lapisan paling bawah dan dianggap sudah menjadi sampah mati atau yang melewati masa pembusukan, lapisan tersebut akan diambil kembali. "Istilahnya sampah tersebut ditambang, lantaran sampah ini telah berubah jadi kompos. Ciri-ciri lapisan sampah yang telah melewati masa pembusukan ini adalah tidak lagi mengeluarkan gas metan atau bau sampah," jelasnya.

Lapisan sampah tersebut, lanjutnya, dikeruk dan diayak menggunakan mesin. "Tujuanya untuk memisahkan antara kompos yang akan digunakan sebagai pupuk dengan sampah non organik yang tidak bisa terurai. Sampah non organik tersebut nantinya juga dimanfaatkan kembali untuk menjadi lapisan penutup sampah yang datang ke TPA setiap hari. Jadi tidak ada yang tidak berguna," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru