Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Analis: Harga Minyak Sawit Bakal Rebound Kuartal II

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 06 April 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak kelapa sawit diperkirakan rebound pada kuartal II tahun ini seiring dengan proyeksi meningkatnya permintaan menjelang Ramadhan.

"Pada kuartal I tahun ini, harga CPO terkoreksi 10,31%. Tahun lalu, harga meningkat 25% dan menembus level 3.000 ringgit per ton," kata Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra, di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Harga CPO mendapatkan sentimen positif dari proyeksi meningkatnya permintaan dari India dan negara-negara di Timur Tengah menjelang Ramadhan.

Menurut Putu, kendati ibadah puasa baru dilaksanakan pada pekan terakhir Mei 2017, namun investor sudah melakukan antisipasi awal.

"Biasanya sebelum ada perubahan dari sisi fundamental, aksi spekulasi dimulai terlebih dahulu, sehingga harga bergerak duluan," papar Putu.

Faktor inilah yang membuat harga CPO cenderung menurun pada kuartal I tahun ini. Investor sudah cenderung melakukan aksi jual karena mengantisipasi pemulihan produksi di Indonesia dan Malaysia. Pelaku pasar menilai hambatan cuaca dari El Nino dan La Nina terhadap sisi suplai relatif berkurang.

Padahal, pemulihan suplai masih belum terlihat sampai Februari 2017. Diperkirakan volume produksi baru akan bertambah signifikan pada paruh kedua tahun ini.

Proyeksi meningkatnya pengapalan ke luar negeri juga datang dari penurunan pajak ekspor atau Bea Keluar (BK) dan turunnya harga patokan dari Indonesia. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru