PT SSMS Tbk Tanam 1 Juta Pohon dalam 10 Tahun

  • Oleh Wahyu Wulandari
  • 19 April 2017 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) berkomitmen menanam satu juta pohon dalam jangka waktu 10 tahun. Perusahaan ini lalu mengandeng masyarakat setempat untuk mewujudkan komitmen ini.

"Komitmen ini dibuat oleh manajemen SSMS pada 2014 dan akan berakhir pada 2024. Penanaman satu juta pohon ini bisa dilakukan di mana saja, bisa di dalam atau di luar areal PT SSMS, atau di sejumlah area yang kita anggap kritis, jelas Kepala Departemen Konservasi Lingkungan dan K3 PT SSMS Tbk Joko Triyanto, saat ditemui Borneonews, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, komitmen ini dibuat sebagai bentuk implementasi dari tata nilai perusahaan yaitu Care for the Environmental (peduli pada Lingkungan).

Manajemen menginginkan agar Care for the Environmental ini benar-benar nyata, bukan hanya sekadar pembicaraan atau impian saja, ujar Joko.

Ada banyak kegiatan penanaman dari rencana Program 1 Juta Pohon ini. Seperti penanaman pohon di luar areal PT SSMS Tbk yakni penanaman mangrove di Desa Kubu dan TWA Tanjung Keluang, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

"Selain mangrove di areal Taman Wisata Alam Tanjung Keluang juga kami menanami hutan pantai, tambahnya.

Perusahaan yang didirikan oleh pengusaha nasional H Abdul Rasyid AS ini menggandeng kelompok tani dan nelayan di Desa Kubu dan Desa Umbang. Bentuk keterlibatan kelompok tani dan nelayan ini meliputi penyediaan bibit, penanaman, hingga pemeliharaan.

Kita melibatkan masyarakat setempat selain karena berkeinginan untuk mengembangkan kelompok tani di daerah tersebut, juga supaya mereka mempunyai rasa memiliki terhadap apa yang sudah kita tanam, tandas Joko. (WAHYU WULANDARI/m)

Berita Terbaru