Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDN 1 Melayu, Berusia Ratusan Tahun Hanya Lima Kali Ganti Kepsek

  • Oleh Ramadani
  • 20 April 2017 - 15:48 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' SDN 1 Melayu merupakan sekolah pertama di Kabupaten Barito Utara dengan nama Sekolah Rakyat yang diperkirakan didirikan pada tahun 1900. Kepala SDN 1 Melayu, Rusmini Wani Kudmada  menjelaskan bahwa dari awal didirikan sekolah hingga saat ini SDN 1 Melayu hanya dijabat oleh lima kepala sekolah.

"Kepala sekolah pertama bernama, Hajiri, dilanjutkan dengan Senteriayah yang menjadi Kepsek kedua di sekolah ini. Selanjutnya kepala sekolah dijabat oleh Stie, dan yang keempat adalah Fatimah. Kepala sekolah terakhir hingga saat ini adalah saya yang sudah menjabat selama 16 tahun disekolah ini. Memang saya tidak tahu persis nama panjang dari semua kepala sekolah yang terdahulu, namun saya masih ingat nama-nama panggilan mereka,' kata Rusmini saat ditemui Borneonews di sekolahnya, Kamis (20/4/2017).

Menurut Rusmini, sekolah ini hanya dilakukan rehab atau perbaikan satu kali yakni pada tahun 2015 lalu, yang hanya mengganti bagian lantai, dinding dan atapnya saja, namun pondasi masih menggunakan bangunan yang lama. 'Untuk lantai dan dinding sebelum direhab terbuat dari kayu ulin yang tebalnya mencapai lima (5) sentimeter, dan atap yang terbuat dari sirap yang memiliki lebar mencapai 15 ' 20 sentimeter dan panjang sekitar satu meter,' terangnya.

"Karena memang sudah tidak layak lagi, makanya sekolah melakukan perbaikan terhada sekolah ini. memang disayangkan bangunan yang memiliki nilai sejarah ini berubah, namun karena dapat membahayakan, terpaksa dilakukan rehab,' imbuh dia. (RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru