Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Diarahkan untuk Siapkan Masyarakat Hadapi MEA

  • Oleh Dewi Kencana Waty
  • 02 April 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia mengatakan, pendidikan k edepan diarahkan untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

'Penekanan dalam bidang pendidikan tidak lagi memandang hanya sebuah formalitas, akan tetapi mengarah kepada kesiapan masyarakat dalam menghadapi MEA,' katanya, baru-baru ini.

Sebab, lanjut Riban, dalam menghadapi era globalisasi akan banyak tenaga asing yang masuk ke daerah. Ia tak ingin masyarakat lokal hanya menjadi penonton lantaran tidak memiliki keterampilan.

Menurut dia, dari sektor ini nanti, pihaknya akan bersama-sama membedah dengan perguruan tinggi dan pemerintah daerah dengan melihat potensi yang disesuaikan masing-masing daerah.

'Disitulah peran dunia pendidikan agar melaksanakan pendidikan dengan baik dan bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi MEA,' tambah Riban.

Sedangkan output dari perguruan tinggi tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan hal itu yang akan terus diskusikan pihaknya. Sementara visi dalam bidang pariwisata dan jasa yang berhubungan dengan dunia usaha, lanjut dia, pihaknya akan mengembangkan sektor pertanian, perkebunan seperti rotan yang akan dijadikan industri rumahan.

'Supaya bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat dan mereka yang berkunjung ke tempat kita dapat menikmati dan membawa apa yang dimiliki masing-masing daerah,' jelasnya. (P3)

Berita Terbaru