Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ironis, Sejak Tahun 70'an Banteng Kalimantan Sudah Tidak Ditemukan di Kabupaten Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Mei 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebelum tahun 1970-an, Banteng Kalimantan masih bisa ditemukan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Namun sayangnya saat ini keberadaan satwa bernama latin Bos javanicus lowi ini sudah tidak ditemukan lagi di Kabupaten Kobar.

Direktur Eksekutif Yayorin Eddy Santoso kepada Borneonews, Rabu (17/5/2017) menjelaskan, saat ini lokasi yang diduga masih terdapat Banteng Kalimantan hanya berada di kawasan Belantikan Hulu Kabupaten Lamandau.

"Akibat perburuan dan semakin menyusutnya habitat hidupnya, sejak tahun 70-an kemungkinan banteng tersebut berpindah ke bagian hulu Kabupaten Seruyan. Setelah itu, kemungkinan mereka kembali berpindah ke kawasan Belantikan Hulu Kabupaten Lamandau," jelasnya.

Menurutnya ketertarikan Yayorin untuk menelusuri keberadaan Banteng Kalimantan ini lantaran belum diketahui pasti data Banteng Kalimantan. "Karena banteng kalimantan ini merupakan sub jenis yang lain dari saudaranya di Pulau Jawa (Bos javanicus javanicus) dan birma (Bos javanicus birmanicus)," jelasnya.

Menurutnya selama dua tahun ke depan proyek Tropical Forest Conservation Act (TFCA) Kalimantan yang dilaksanakan Yayorin akan melelusuri jejak sebaran banteng di bagian hulu Kabupaten Seruyan. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru