Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

30 Ekor Banteng Kalimantan Diperkirakan yang Terakhir di Kalteng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Mei 2017 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sekitar 30 ekor Banteng Kalimantan yang saat ini masih berada di kawasan Belantikan Hulu Kabupaten Lamandau diperkirakan merupakan banteng terakhir yang berada di wilayah Kalteng.

Direktur Eksekutif Yayorin Eddy Santoso menjelaskan, kemungkinan banteng tersebut merupakan sub jenis unik tersendiri atau sama dengan kerabatnya di Taman Nasional (TN) Kutai kalimantan Timur dan TN Kayan Mentarang Kalimantan Utara.

"Diduga secara genetik 97 persen banteng tersebut masih murni. Nah selanjutnya kita juga ingin mengetahui apakah banteng tersebut merupakan Bos javanicus lowi atau Banteng Kalimantan borneo. Jika benar, Yayorin pertama kali menemukan genetik Banteng Borneo dan menetapkan gen pertama untuk Bos javanicus lowi," jelasnya.

Pasalnya, secara genetik, Banteng Kalimantan berbeda dengan saudaranya Bos javanicus di Pulau Jawa dan Bos javanicus birmanicus di Asia yang terdapat di negara Burma.

"Tentunya kita tidak ingin keberadaan banteng ini jangan sampai punah. Saat ini berdasarkan pantauan untuk satu kelompok banteng hanya terdapat enam hingga 12 ekor saja. Sementara berdasarkan data yang kami dapatkan, sebelum tahun 70-an bisa ditemukan 30 ekor banteng dalam satu kelompok," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru