Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat Hal Harus Dijaga dan Dihindari usai Lebaran

  • Oleh Nazir Amin
  • 04 Juli 2017 - 11:22 WIB

BORNEONEWS, Kudus ' Usai Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, umat senantiasa harus menjaga empat hal. Yaitu, tawadhu', qana'ah, wara' (wira'i) dan yaqin. 

Pengasuh Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah, Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kudus, KH. Sofiyan Hadi LC. MA., mengutarakan hal itu dalam tausiyahnya pada halalbihalal keluarga besar Universitas Muria Kudus (UMK), di Auditorium Kampus, Senin (3/7/2017). Halalbihalal dihadiri jajaran pengurus Yayasan Pembina (YP.) UMK, Rektor, para Dekan, dosen dan karyawan.

"Ramadan telah telah lewat. Dan seiring dengan Idul Fitri ini, semoga kita semua masuk dalam kategori umat yang muttaqin, umat yang bertakwa," ujar KH. Sofiyan Hadi di depan ratusan pimpinan, dosen, karyawan dan staf akademik UMK, dalam rilis Humas UMK, yang diterima Selasa (4/7/2017).

Dalam acara yang dibuka oleh Rektor UMK, Suparnyo itu, Sofiyan Hadi mengemukakan, tawadhu' atau rendah hati, salah satu ciri ketakwaan orang Islam. Karena itu, kata dia, jadilah orang yang rendah hati, apapaun jabatan yang Anda miliki.

Hal lain, kata Kiai Sofiyan, seorang Islam itu harus bisa menjadi orang yang qana'ah (kaya hati). Lalu haru wara' (wira'i), yaitu memastikan kehalalan apa yang dipakai dan dikonsumsi, serta harus yaqin. "Dalam berdoa, orang Islam harus penuh keyakinan."

Selain pesan-pesan itu, Sofiyan Hadi mengingatkan agar senantiasa menghindari '4 M' yang merusak. 4 M itu adalah merasa berkuasa, merasa pandai (cerdas), merasa kaya, dan merasa alim. "Empat hal ini harus dihindari." (HUMAS UMK/*/N).

Berita Terbaru