Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan Terus Kembangkan Usaha Keramba Ikan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Juli 2017 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Tergiur harga yang terus membaik, sebagian warga Kasongan Kabupaten Katingan mengaku terus mengembangkan usaha keramba ikan di Sungai Katingan.

Pasalnya, harga ikan keramba di pasaran sejauh ini dihargai tinggi oleh para pengepul. Sehingga setia waktu jumlah keramba yang ada di Sungai Katingan wilayah Kasongan terus bertambah.

Hal ini diakui Ketua RT 13 Kampung Banjar Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir, Hatimi. Menurutnya, jika jumlah keramba di wilayahnya sejauh ini sudah cukup banyak, dan setiap waktu juga ada penambahan.

"Memang usaha budidaya ikan keramba di Sungai Katingan di Kampung Banjar ini sudah cukup lama, dan awalnya hanya ada beberapa warga yang membudidayakannya, tapi sekarang sudah cukup banyak," ujar Katimi, Kamis (13/7/2017).

Menurut Katimi saat ini harga ikan jenis nila dihargai Rp28 ribu per kilo oleh pengepul. Sementara ikan emas dihargai Rp27 ribu per kilogramnya.

"Sekarang ini harga Rp28 ribu per kilo itu sudah kami anggap baik, karena dengan harga seperti ini petani atau pemilik keramba sudah mendapatkan untung lumayan," ujar Katimi.

Para pembudidaya ikan keramba di Sungai Katingan, imbuh Katimi sejauh ini tidak mengalami permasalahan berarti.

Pasalnya, air sungai yang ada cukup baik untuk perkembangan pertumbuhan ikan keramba. "Kecuali mungkin ada kemarau panjang yang menyebabkan debit air sungai surut, mungkin itu bisa menyebabkan pengaruh terhadap perkembangan ikan keramba. Tapi yang jelas sejauh ini aman-aman saja," imbuh Katimi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru