Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Banjir, BPBD Kotim Bentuk Desa Tangguh

  • Oleh Noor Annisa
  • 19 Juli 2017 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna mencegah terjadinya banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat membentuk desa tangguh sebagai antisipasi dan tata cara mengatasi bencana alam.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Sutoyo, pihaknya setiap tahun membentuk desa tangguh, yakni desa yang diberikan edukasi mengenai banjir.

"Memberikan pelatihan pengarahan dan himbauan bagaimana tata cara mengantisipasi dan menghadapi masalah banjir," jelasnya, Rabu (19/7/2017).

Hal itu dilakukan sebagai upaya menghindari terjadinya banjir, dan pelatihan dilakukan di desa yang rawan terkena banjir. "Minimal dua desa dalam satu tahun," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, BPBD selalu melakukan koordinasi dengan pihak desa, kelurahan ataupun kecamatan untuk pencegahannya. "Bersadasarkan pengalaman terjadinya banjir, masyarakat di wilayah rawan banjir meski dengan keterbatasan, namun secara mandiri sudah melakukan pencegahan dengan cara membersihkan halaman dan sungai-sungai di sekitar tempat tinggal mereka," katanya.

Lebih lanjut, mengingat banjir yang sudah terjadi di beberapa kqbupaten lain, maka BPBD akan mengedarkan surat berisi himbauan kepada masyarakat agar waspada terhadap bencana banjir. "Kemungkinan hari ini, akan diedarkan surat himbauan ke setiap kecamatan agar bersiap siaga apabila terjadi banjir," pungkasnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru