Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Pemkab Kotim Mengapa Sampit Gagal Raih Piala Adipura

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Agustus 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pada 2017 ini Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali gagal meraih Piala Adipura. Hal itupun menjadi pertanyaan bagi sejumlah kalangan.

Walaupun begitu, Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri mengungkapkan, gagalnya daerah ini mendapatkan penghargaan tersebut dikarenakan berbagai faktor, terutama pengaruh globalisasi dan juga kegiatan serta pendanaan yang tidak berjalan dengan baik. Sehingga nilai yang didapat rendah dibandingkan kota yang meraih Adipura seperti Pangkalan Bun.

"Faktor utama iyalah pengaruh globalisasi, sehingga hal itu berdampak pada gagalnya kita meraih Adipura pada 2017 ini," kilah Taufiq Mukri, Kamis (3/8/2017).

Walaupun begitu, ia mengaku tetap akan berusaha memperbaiki kinerja dan menargetkan kembali meraih Adipura pada 2018 mendatang.

Salah satu upaya  yakni pelaksana teknis di lapangan yakni Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) juga telah dilakukan penyegaran. Hal itu dilakukan guna memberikan penyemangat baru terhadap jajaran yang bekerja untuk bisa meraih penghargaan tersebut.

"Iya kami harapkan SOPD terkait bekerja keras untuk membuat Kotim ini lebih baik lagi, dan bisa meraih kembali penghargaan tersebut," kata Taufiq.

Pantauan Borneonews.co.id, di mana Sampit sendiri di beberapa jalan memang tidak bersih. Bahkan di beberapa titik banyak sampah yang berserakan. Ini salah satu menjadi indikator penilaian Adipura di daerah ini yang rendah.

Belum lagi masih sering terjadi banjir pada saat hujan deras turun. Kemungkinan itu juga menjadi penyebab kegagalan Adipura.

Meski begitu, Taufiq juga mengajak masyarakat agar selalu menjaga lingkungan masing-masing. Karena tujuannya bukan hanya meraih Adipura, namun tentunya adalah kesehatan dilingkungan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru