Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dispora Dinilai Paling Layak Mengelola Buper Kabariat Tuah Pahoe

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Agustus 2017 - 09:38 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sarana dan prasarana Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe Kelurahan Sabaru Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya rencananya akan berada di bawah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palangka Raya. Hal ini lantaran sebelumnya tempat ini menjadi tempat pelaksanaan Kemah Budaya Nasional (KBN) ke-VIII tahun 2017, Juli lalu.

"Bisa saja nanti diarahkan sebagai Unit Pelasana Teknis (UPT). Kemungkinan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang akan membawahinya adalah Dispora," ungkap Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Senin (7/8/2017).

Meski begitu, Mofit mengakui, keputusan ini belum final dan baru dibicarakan secara terbatas dengan Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia. Rencana itu juga belum mutlak, semuanya masih akan ditinjau kembali kelayakannya.

"Secara tupoksi, Dispora Kota Palangka Raya memiliki bidang kepemudaan dan kepramukaan. Jadi diharapkan nantinya ketika menjadi UPT, Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe dapat terawat dengan baik. Itu menjadi dasar saat mengambil keputusan," tambah Mofit.

Mofit melanjutkan, jika nantinya sarana prasarana serta lokasi eks KBN dijadikan UPT, maka bukan hanya dapat digunakan untuk kegiatan pramuka, tapi juga kegiatan kepemudaan atau kegiatan pendidikan karakter lainnya misalnya kemah pesantren, kemah guru, kemah kepala sekolah. "Memang masih ada waktu untuk membentuk itu semua, namun yang jelas kita akan bentuk UPT. Kami akan lihat regulasi di atasnya untuk memungkinkan itu sehingga ada ketepatan dan kesesuaian," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelontorkan dana sekitar Rp11,3 miliar untuk pelaksanaan Kemah Budaya Nasonal di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe. Dana tersebut khusus untuk panitia lokal.

Dari dana tersebut, Rp2,5 miliar habis untuk konsumsi peserta yang artinya tidak bisa dipertanyakan lagi. Namun ada dana sebesar Rp5,6 miliar yang dikhususkan untuk melakukan revitalisasi Bumi Perkemahan (Buper) Kabariat Tuah Pahoe sebagai pusat kegiatan. Ditambah, dana Rp3,2 miliar khusus untuk revitalisasi eksternal seperti jalan menuju Buper. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru