Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awasi Aktivitas Jalur Sungai Tekan Peredaran Zenith dan Miras

  • Oleh Naco
  • 10 Desember 2017 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hary Rahmad Panca Setia meminta pihak terkait mengawasi jalur transportasi sungai, salah satunya untuk menekan peredaran atau pengiriman barang gelap atau berbahaya ke wilayah pelosok seperti zenith maupun minuman keras (Miras).

Mengingat informasi yang beredar belakangan ini, pelaku peredana miras terutama miras oplosan memanfaatkan transportasi sungai untuk mengirim barang-barang tersebut ke kecamatan-kecamatan hingga memasok ke kota Sampit.

Kegiatan semacam ini menurut Hary jangan sampai dibiarkan, semakin pintar pelaku usaha itu melakukan kegiatannya, petugas harus semakin aktif agar ruang gerak kegiatan mereka semakin sempit, karena jika tidak dilakukan demikian usaha pelaku itu akan semakin menggurita.

"Dinas Perhubungan dalam hal ini yang membidangi transportasi sungai harus aktif, itu bisa dilakukan dengan menggandeng pihak-pihak terkait, baik itu kepolisian setempat, bea cukai hingga pihak kecamatan," tegas Hary, Minggu (10/12/2017).

Menurut Hary ditangkapnya dua truk zenith melalui pabuhan Sampit, harus menjadi bahan masukan kalau ternyata pengiriman barang semacam itu tidak hanya memanfaatkan transportasi darat saja, bahkan yang kerap kali sulit terpantau melalui jalur laut maupun sungai.

Maka dari itu menurutnya, peran serta semua pihak untuk masalah ini sangat diperlukan. Jangan sampai menitikberatkan kepada petugas terkait saja. "Setiap ada informasi yang mencurigakan masyarakat mengetahuinya agar memberikan informasi keaparat," tegasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru