Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awal Tahun, Distribusi Bahan Pokok Pabrikan Masih Banyak

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 11 Januari 2018 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Awal tahun 2018, distribusi bahan pokok pabrikan seperti minyak goreng dan tepung terigu masih banyak masuk ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pasalnya, bahan-bahan tersebut tidak ada pabriknya di Kobar.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ida Pandanwangi saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (11/1/2018).

"Untuk sayur dan buah-buahan, masih mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten Kobar, seperti sayur bayam, kacang panjang, buah naga dan rambutan. Kalau yang sering didatangkan dari luar itu bahan pendukung pangan seperti minyak goreng dan tepung," kata dia.

Ia melanjutkan pihaknya menangani distribusi sayur, buah, daging dan beberapa komoditas lainnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan stok pangan tetap terjaga dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Kobar.

"Kapal pengangkut (sembako) yang datang dari ke pelabuhan juga laporannya sampai ke kita. Sehingga, kami bisa mengetahui bahan pangan apa saja yang sudah datang, baik jumlah maupun jenisnya," terang dia.

Menurut Ida, stok pangan selalu dijaga agar aman untuk tiga bulan ke depan. Salah satu faktor yang mempengaruhi distribusi yakni kualitas infrastruktur. Oleh karena itu, pihaknya selalu memantau apakah distribusi bahan pangan ke pasar-pasar di seluruh wilayah Kobar bisa berjalan dengan baik.


"Karena kita selalu memonitor apakah distribusi pangan tersebut sampai atau tidak. Kalau tidak sampai apa masalahnya sehingga kita akan mencari solusinya dan akan di koordinasikan dinas terkait melalui atasan kami," ucapnya. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru