Jalan Raya Parenggean - Tumbang Sangai Ditutup

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Januari 2018 - 09:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jalan Raya Parenggean - Tumbang Sangai, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ditutup. Penutupan jalan itu karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati.

"Untuk sementara jalan ditutup dulu dan warga yang hendak bepergian baik itu dari Sampit menuju Telaga Antang maupun sebaliknya harus melalui jalur alternatif lewat perusahaan sawit," ujar Camat Telaga Antang Siyono melalaui Kasi Pembangunan Kecamatan Telaga Antang Teguh Adinegoro. 

Jalan tersebut mulai ditutup sejak Rabu (11/1/2018), karena kerusakan jalan yang cukup parah. Apalagi sejak beberapa hari terakhir hujan deras membuat jalan tersebut berlumpur dan licin. Sehingga sangat membahayakan untuk dilalui. 

"Tidak dapat dipaksakan untuk melintas bagi kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena sangat berbahaya dengan kondisi jalan rusak, licin, dan banyak tanjakan tersebut," kata Teguh. 

Sementara untuk jalan alternatif tersebut hanya bisa dilintasi roda dua, roda empat saja. Sedangkan untuk roda enam yang membawa CPO, karnel, dan buah sawit tidak diperbolehkan oleh pihak perusahaan. 

"Yang diizinkan hanya kendaraan roda empat, truk mengangkut sembako, dan juga truk mengangkut bahan bangunan. Sedangkan truk pengangkut lainnya tidak diizinkan oleh perusahaan pemilik jalan," terang Teguh. 

Jalan alternatif tersebut baru bisa digunakan setelah Camat Telaga Antang Siyono mengirimkan surat kepada pihak perusahaan. Sehingga hal itu langsung diperbolehkan untuk melintasi jalan tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 
 

Berita Terbaru