Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpol PP Kapuas Tertibkan Pedagang secara Humanis

  • Oleh Hamdi
  • 18 Januari 2018 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kapuas, Yanabut terus mengupayakan kawasan yang tertib dan bersih.

 Ia menegaskan agar para anggotanya yang melakukan penertiban selalu bersikap humanis saat melakukan penertiban di lapangan.

"Kita latih bagaimana agar jajaran Satpol PP ini bisa berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat, melakukan teguran kepada Pedagang Kaki Lima yang melanggar Perda dengan cara yang humanis," ungkap Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Yanabut di ruang kerjanya, Kamis (18/1/2018).

Hal ini sesuai dengan tugas Satpol PP sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) yang salah satunya yakni tentang menjaga ketertiban umum.

"Nah, upaya yang saat ini kita lakukan yakni dengan melakukan penertiban, tapi kita hanya memberi teguran, saya sampaikan kepada anggota agar tidak bersikap arogan, tegas itu bukan berarti harus keras," katanya.

Di samping itu juga, dirinya menanamkan ke dalam jiwa anggotanya agar bersikap disiplin. Hal ini terlihat dari sistem super ketat yang diterapkannya di kantor.

"Pengabsenan itu dilakukan sebanyak empat kali. Patroli juga kita lakukan dua kali untuk siang dan dua kali untuk malam," sebutnya.

Patroli tersebut yakni dilakukan keliling kota Kabupaten Kapuas untuk menjaga wilayah Kabupaten Kapuas agar tetap tertib, aman dan rapi.

"Siapa yang tidak mau melihat kota Kabupaten Kapuas yang tertib, aman dan rapi. Ini yang ingin terus kita jaga," katanya.

Yang penting, sambungnya, upaya penegakan Perda Ketertiban umum tersebut dilakukan dengan cara yang baik, melakukan komunikasi dengan masyarakat, bukan dengan cara kekerasan. "Ini yang saya terus tekankan kepada para anggota," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru