Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batu Raya I Gelar Musrenbangdes

  • Oleh Ramadani
  • 18 Januari 2018 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Desa Batu Raya I, Kecamatan Gunung Timang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Kamis (18/1/2018).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah.

Sebelum membuka kegiatan, Bupati Nadalsyah mengatakan musrenbang merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menyusun perencanaan di bidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat. Sehingga diketahui skala prioritas yang menjadi permasalahan desa.

“Musyawarah perencanaan pembangunan desa adalah forum musyawara tahunan para pemangku kepentingan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di desa yang didasarkan pada masukan dari seluruh masyarakat, serta menyepakati rencana kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintahan desa pada 2018,” katanya.

Menurut Bupati, masukan ini penting sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan desa (RKPDes). Dan bila ada program atau kegiatan yang tidak bisa didanai oleh APBD desa, diusulkan pendanaannya melalui APBD kabupaten, APBD provinsi, maupun APBN. Yang tentunya melalui tahapan yaitu musrenbang tingkat kecamatan yang dilaksanakan pada Februari 2018.

“Tentunya kita bersyukur untuk kegiatan pembangunan pemerintahan dan sosial kemasyarakatan yang boleh kita laksanakan di 2017 lalu. Semua ini adalah bukti kerja keras dan kebersamaan yang telah tercipta antara masyarakat dan pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan kabupaten,” kata orang nomor satu di Barito Utara ini.


Bupati yang akrab disapa H Koyem itu juga menuturkan, hasil yang dicapai tentu menjadi bahan evaluasi dalam perencanaan pembangunan di 2018. Karena masih ada target program kerja yang harus dilaksanakan untuk menjawab aspirasi masyarakat, baik itu di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hukum, keamanan, pertanian, peternakan, dan kesejahteraan rakyat.

“Melalui kegiatan musrenbang desa ini marilah kita tentukan kegiatan prioritas untuk kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan aspirasi dari kita semua dan juga hasil evaluasi dari hasil musrenbang tahun yang lalu. Serta melihat pagu indikatif atau ketersediaan dana dan anggaran dari pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat lewat APBN,” tuturnya.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru