Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Banjir

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Januari 2018 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir yang masih terjadi di sejumlah desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hingga saat ini membuat pihak pemkab setempat menaikkan status siaga bencana banjir menjadi tanggap darurat. 

"Berdasarkan hasil rapat kami bersama pihak instansi terkait baik itu vertikal maupun legislatif, status siaga dinaikkan menjadi tanggap darurat bencana banjir," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, Senin (22/1/2018). 

Status tanggap darurat disepakati karena hingga saat ini masih terjadi bencana banjir di sejumlah desa. Sehingga untuk dapat mengeluarkan dana bantuan, maka status siaga dinaikkan menjadi tanggap darurat. 

Di Kotim sendiri saat ini sedikitnya ada 1.319 rumah yang terendam banjir yang tersebar di 24 desa, di 7 kecamatan. 

"Status tanggap darurat bencana banjir ini diberlakukan hingga 7 Februrari nanti. Sehingga dengan adanya hal tersebut, pemerintah daerah bisa menggunakan anggaran untuk memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada korban banjir tersebut. Karena saat ini sudah sangat banyak rumah yang terendam banjir," kata Yusup. 

Selain itu, tanggap darurat bencana banjir juga ditetapkan karena curah hujan tinggi diperkirakan terjadi hingga Maret sehingga masih berpotensi terjadi banjir.

Karena itulah pemerintah daerah masih harus tetap waspada agar tidak terlambat dalam memberi bantuan kepada masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 


TAGS:

Berita Terbaru