Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BOSF dan COP Apresiasi Polda Kalteng Tangkap Pembunuh Orangutan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Januari 2018 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng dan Centre For Orangutan Protection (COP) mengapresiasi kinerja Polda Kalteng dalam mengungkap pembunuh orangutan yang bangkainya ditemukan tanpa kepala di DAS Barito.

Dua tersangka pembunuh orangutan yang ditangkap berinisial T, 41, warga Desa Gunung Rantau, Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan dan M, 32, warga Jalan Waning Pati, Desa Tumpung Laung, Kecamatan Motalat, Kabupaten Barito Utara.

“Kami senang, kami mengapresiasi kinerja Polda Kalteng,” kata Deni Kurniawan, Program Manajer BOSF Nyaru Menteng, Rabu (31/1/2018).

Apresiasi juga disampaikan karena banyak pihak yang ikut peduli terhadap orangutan. “Ini mungkin langkah awal yang bagus di Kalteng. Karena status orangutan di Kalteng, satu langkah lagi menuju kepunahan,” katanya.

Sementara itu, Manajer Perlindungan Habitat COP Ramadhani dalam rilisnya, mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama dalam sejarah konservasi orangutan, kasus pembunuhan orangutan yang rumit bisa terungkap.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja Polri dalam hal ini Polda Kalteng. Seminggu yang lalu kami bertemu di lapangan untuk berkoordinasi dalam rangka sama-sama mencari dan berbagi informasi. Kami juga melihat langsung bagaimana Polres Barito Selatan dan dua Polsek yakni Polsek Dusun Selatan dan Polsek Dusun Utara, bekerja keras serta serius mengejar dan menyelesaikan kasus tersebut,” ucap Ramadhani.

Ia menilai, dengan tertangkapnya dua tersangka pembunuhan orangutan itu, kepercayaan masyarakat terhadap aparat penegak hukum semakin tinggi. Efek jera juga akan menjadi perhatian masyarakat.

Di sisi lain, masyarakat akan menjadi lebih peduli dan tidak berani untuk menangkap, memelihara, apalagi membunuh orangutan. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru