Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Ada Kadis Definitif, Diskominfo Kobar Gelar Sertijab

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Februari 2018 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah resmi mendapatkan Kepala Dinas (Kadis) definitif, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar serah terima jabatan (sertijab) di kantornya, Jumat (9/2/2018).

Sertijab dilakukan antara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kobar Bahtiar kepada pejabat definitif Rody Iskandar. Usai kegiatan seremonial mantan Plt Kadiskominfo Bahtiar menjelaskan ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang nantinya bakal diteruskan oleh pejabat definitif.

"Salah satunya adalah mengenai pajak menara komunikasi. Selama ini kita masih belum bisa memungut pajak tersebut, lantaran peraturan daerah (perda) yang mengatur hal tersebut masih terganjal di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," jelas Bahtiar.

Padahal, lanjutnya, para pengusaha menara komunikasi tersebut siap untuk membayar pajaknya bila perda tersebut sudah ada. "Hal ini juga sydah kita sampaikan ke Bupati Kobar dan beliau memahami apa yang menjadi kendala kita. Padahal bila perda tersebut sudah ada, harusnya tahun 2017 kemarin sudah ada pemasukan daerah dari pajak menara," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo Kabupaten Kobar Rody Iskandar menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyusun program kerja untuk 100 hari ke depan.

"Salah satu program kerja kita adalah waktu dekat sesuai harapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait Program Perbaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai, salah satu leading sektornya adalah Diskominfo. Karena instansi kami yang menyediakan infastruktur absensi sidik jari interkoneksi pada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Kobar," jelas Rody.

Saat ini, lanjut Rody, berdasarkan laporan mengenai progres kerja sudah 26 instansi dilingkungan Pemkab Kobar yang telah terpasang mesin absensi interkoneksi tersebut.

"Dalam waktu dekat akan kita cek dan segera melakukan simulasi absen sidik jari interkoneksi tersebut. Mungkin sekitar minggu depan sudah bisa lounching," jelas Rody.

Selain itu, Rody juga menjelaskan program jangka panjang yang bakal dilaksanakan Diskominfo Kobar.

"Kita ada rencana kedepan untuk memadukan server di dalam SKPD  terpusat di Diskominfo Kobar. Istilahnya adalah integrasi  server. Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan secara bertahap sesuai anggaran yang ada," jelasnya.

Ia kemudian menjelaskan alasan kenapa hal ini masuk dalam rencana kerja jangka panjang pihaknya. "Karena saat ini berbagai server tersebar, semua SKPD boleh mengajukan server dan aplikasi, namun keberadaannya mohon maaf terkesan  tanpa terkontrol," ungkap dia.

Sehingga nanti, lanjut dia, untuk kemudahan koordinasi dan pengawasan pimpinan daerah, hal tersebut akan berpusat lada satu induk yaitu Diskominfo. "Jadi bila Bupati ingin memgetahui tentang data kerja disalah satu instansi tinggal mengecek melalui komputer yang telah tersambung pada bank data di server Diskominfo. Jadi lebih memudahkan untuk berkoordinasi antar SKPD" jelas Rody.(WAHYU KRIDA/B-8)

Berita Terbaru