Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Mahasiswa Harus Cerdas Pilih Jurusan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Februari 2018 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Selama ini cukup banyak mahasiswa yang sudah duduk di bangku kuliah menyesal karena salah dalam memilih jurusan sesuai dengan apa yang menjadi minatnya.

Untuk menghilangkan perasaan tersebut, komunitas Sampit Youth Center mengadakan dialog terbuka untuk pelajar yang kebingungan memilih jurusan apa saat kuliah nantinya.

"Kami sengaja mengadakan dialog ini, agar calon mahasiswa lebih cerdas dalam memilih jurusan," ujar Ketua Sampit Youth Center Rezky Gustandi kepada Borneonews, Minggu (11/2/2018).

Kegiatan dialog tersebut dilakukan di panggung Taman Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Dimana puluhan pelajar mengikuti kegiatan tersebut. Mereka bersemangat dalam tanya jawab agar  tidak salah dalam memilih jurusan saat kuliah nantinya.

Dialog tersebut menghadirkan narasumber praktisi pendidikan M Syiblunnur M.H. Dialog diikuti puluhan pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sampit, MAN Sampit, dan SMKN 2 Sampit. Mereka aktif bertanya mengenani kendala dan tips cerdas memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal saat sudah duduk di bangku kuliah.

Menurut Rezky, dari survei yang mereka lakukan, banyaknya mahasiswa yang sudah kuliah namun berhenti, ada juga yang sudah semester 5 malah pindah jurusan, bahkan hampir 70% mahasiswa tidak mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu sampai berakhir dengan Drop Out (DO).

Hal itu, kata dia, merupakan fenomena yang menyedihkan, dan ini salah satunya akibat para pelajar yang baru lulus sekolah, kemudian kebingungan mengambil jurusan kuliah, serta tidak sesuai dengan bakat yang ada dalam dirinya. "Itu sering kita temukan, dan salah satu hal mengapa itu terjadi, karena salah memilih jurusan," kata Rezky.

Dalam memilih jurusan, tegas dia, siswa sendiri harus tahu potensi dirinya dan juga apa yang memang dibutuhkan untuk mengembangkan skillnya. Selain itu, kuliah tentunya juga agar bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

"sehingga dalam memilih harus mencari yang memang dibutuhkan dalam peluang pekerjaan. Sehingga pada saat lulus nanti bisa langsung mendapatkan pekerjaan," kata dia.

Ditemui di tempat yang sama Ilham, salah satu siswa yang ikut mengatakan, forum dialog yang digagas oleh Sampit Youth Center ini menjadi cacatan positif bagi pihaknya yang masih duduk di bangku sekolah. Karena dalam memilih jurusan harus benar-benar dipikirkan. Agar tidak menyesal dikemudian hari.  

Berita Terbaru