Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanaman Asli Kotawaringin Timur Akan Hiasi Kebun Raya Sampit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2018 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini Kebun Raya Sampit terus digenjot pembangunannya. Nantinya di tempat ini akan dihiasi tanaman asli Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Nantinya ada berbagai macam tanaman asli daerah di Kebun Raya Sampit ini. Hal itu dilakukan agar semua yang berkunjung bisa mengetahuinya," ujar Bupati Kotim Supian Hadi. 

Dia menerangkan ada 125 hektare hutan sekunder yang disiapkan. Nantinya di tempat itu akan ada tanaman berupa buah-buahan asli daerah ini atau buah yang jenisnya hanya ada di Kotim, seperti durian dan lainnya.

Tidak hanya itu, tanaman berupa pohon kayu seperti jenis ulin, meranti, keruing dan beberapa jenis lainnya juga akan menghiasi kebun raya tersebut. 

"Tentu yang diutamakan adalah tanaman asli daerah agar bisa menjadi pengetahuan bagi para pengunjung," ujarnya.

Nantinya tanaman obat-obatan juga ada di Kebun Raya Sampit dan hingga saat ini pembibitan terus dilakukan.

Pihaknya juga memerintahkan kepada seluruh camat yang ada di Kotim untuk mencari atau mengumpulkan tanaman lokal, terutama di daerah pelosok.

Sehingga bagi masyarakat nantinya yang ingin mengetahui apasaja jenis tanaman obat bisa langsung datang ke Kebun Raya Sampit. 

Di taman ini nanti juga akan dilepas liarkan berbagai jenis hewan di Kebun Raya Sampit tersebut. 

"Kebun Raya Sampit nantinya akan menjadi kebun raya yang terluas di Indonesia. Bahkan menjadi tempat penelitian dan proses pendidikan, serta menjadi tempat penelitian hutan Kalimantan, riset, wisata alam dan tempat konservasi binatang khas Kalimantan Tengah.," terangnya.

Berita Terbaru