Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Gunung Mas di Daerah Rawan Bencana Diminta Proaktif Usulkan Relokasi

  • 16 Februari 2018 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun -   Warga Gunung Mas (Gumas) yang berada di daerah rawan bencana diminta proaktif mengusulkan relokasi ke tempat yang lebih aman. 

Memang sejauh ini ada program relokasi dari Kementrian Sosial (Kemensos) sebagai upaya memindahkan masyarakat dari daerah rawan bencana ke daerah yang aman dari bencana.

Kemensos memberikan bantuan membeli bahan bangunan rumah yang direlokasi.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gumas, Budhy, mengingatkan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana agar proaktif mengusulkan untuk direlokasi ke tempat yang aman dari bencana.

"Usulan disampaikan ke Kementrian Sosial. Namun, Dinas Sosial maupun Dinas Sosial provinsi akan memfasilitasi," ujar Budhy, Jumat (16/2/2018).

Menurut dia, untuk mengusulkan relokasi memang banyak syarat yang harus dipenuhi.

Misalnya lahan/ tanah untuk tempat rokasi disertai bukti kepemilikan lahan, foto/ vidio saat bencana, surat peryataan siap direlokasi dan masih banyak syarat lainnya.

"Pada 2017 lalu ada dua desa yang direlokasi, yakni Desa Tumbang Lampahung di Kecamatan Kurun dan Desa Tumbang Bunut di Kecamatan Rungan," terangnya.

Budhy menyampaikan, Desa tumbang Lampahubg ada 133 rumah yang direlokasi dan Desa Tumbang Bunut ada 31 rumah.

Bantuan dari Kemensos sebesar Rp20 juta untuk satu rumah dan pada 2018 ada bantuan Rp10 juta dari Pemkab Gumas. (EPRA SENTOSA/B-5)

Berita Terbaru