Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menjaga Kesehatan Gigi Tidak Hanya dengan Menyikat

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 12 Maret 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjaga kesehatan gigi tidak hanya dengan menyikat gigi saja. Asupan makanan juga penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Bahkan, kesehatan gigi anak dimulai sejak di dalam kandungan dengan menjaga asupan makanan. "Untuk makanan konsumsilah kalsium dan juga vitamin D. Kalsium dan vitamin D sangat berperan penting bagi pertumbuhan, kesehatan, dan juga kekuatan tulang dan gigi. Seperti mengonsumsi bayam, telur, apel, sarden, dan masih banyak lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar) Dwi Ratna, Senin (12/3/2018).

Ia mencontohkan, bayam memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Selain itu, telur juga memiliki vitamin D yang berasal dari kuningnya sehingga sangat baik untuk kebutuhan gigi.

Serta kulit apel memiliki fungsi lain untuk gigi yakni mencegah kerusakan gigi agar tidak berlubang dan membuat lebih putih. Dengan catatan, apel tersebut dikonsumsi secara bersamaan dengan kulitnya.

"Selain itu, sikat gigi juga penting dilakukan sebanyak dua kali sehari agar gigi tetap bersih dan sehat. Kemudian, selesai sikat gigi itu berkumur dengan air," ucapnya.

Menjaga kebersihan gigi sejak usia dini sangat bagus agar dapat menghindari gigi berlubang yang disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, seperti sehabis makan lupa untuk gosok gigi yang menyebabkan gigi berlubang. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru