Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kecamatan Kawasan Perkotaan di Kotim Daerah Endemis Demam Berdarah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Maret 2018 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dua kecamatan yang masuk kawasan pusat kota di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yakni Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Kecamatan Baamang, dinyatakan sebagai daerah endemis Demam Berdarah Dengue (DBD). 

"Dua kecamatan dalam kota masuk kawasan endemis DBD, MB Ketapang dan Baamang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim Faisal Novendra Cahyanto, Senin (12/3/2018). 

Kasus DBD pada dua kecamatan tersebut cukup tinggi dibandingkan kecamatan di luar kota. Namun tidak semua kecamatan di luar yang aman dari DBD. Seperti Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu juga rawan DBD. 

Bahkan untuk tiga kasus meninggal dunia juga terjadi di dalam kota. Korbannya adalah anak-anak. Ada yang duduk di bangkus TK dan SD>

"Ada 100 kasus DBD yang sudah tercatat oleh kami, dan rata-rata terjadi di wilayah perkotaan," kata Faisal. 

Dia mengimbau, masyarakat agar rajin membersihkan lingkungan sekitarnya. Pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi kepada warga, baik itu melalui spanduk maupun penyuluhan langsung. 

Untuk mencegah penularan DBD, dinas kesehatan juga melakukan berbagai langkah cepat yakni pemeriksaan, fogging fokus, penyehatan lingkungan dan penyuluhan di sekitar tempat tinggal korban. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru