Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batako ASA Yang Ramah Lingkungan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 16 Maret 2018 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Batako ASA dinilai ramah lingkungan. Pasalnya, batako itu berbahan dasar sampah anorganik yang memiliki kalsium seperti pipa sebagai formula beton. 

Meski berbahan dasar sampah anorganik, batako ini tidak kalah dengan batako pada umumnya.

"Selain itu, batako ini sangat ramah lingkungan karena dengan perpaduan semen, pasir, dan sampah pipa yang sudah tidak terpakai lagi. Batako ASA ini merupakan batako satu-satunya yang ada di Kalimantan Tengah termasuk Indonesia," kata Direkture Bank Sampah Induk Kotawaringin Barat Akhmad Samsul Arifin, Jumat (16/3/2018).

Ia berharap, batako ASA bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Akhmad Samsul bahkan telah menggunakan batako ASA untuk merenovasi sebuah mushola. Batako itu, menurutnya, memiliki daya tahan yang lebih bila dibandingkan dengan batako biasa.

"Hasil yang diperoleh cukup memuaskan dan batako ini sudah sangat layak digunakan oleh masyarakat di Kotawaringin Barat. Batako ini memiliki nilai lebih dari segi pemanfaatannya karena menggunakan sampah yang tidak mudah terurai seperti pipa," ucapnya.

Pembuatan satu batako ASA memerlukan 1 kilogrma sampah anorganik yang memiliki kandungan kalsium. Sesuai dengan namanya ASA memiliki beberapa makna, seperti alternatif pengolahan sampah, harapan, dan terakhir nama penemunya sendiri yaitu Akhmad Samsul Arifin. (SARJITO/B-3)

Berita Terbaru