Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Pondok Damar Sambut Kedatangan Gubernur dengan Ritual Adat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Maret 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Ratusan warga Desa Pondok Damar, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menyambut kedatangan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Minggu (25/3/2018).

Mereka menyambut kedatangan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu dengan budaya adat Dayak potong pantan dan juga lawang sakepeng.

Khusus lawang sakepeng dimainkan dua perempuan dan dua laki-laki. Tidak hanya itu, pasukan Batamat juga hadir dan menyambut kedatangan Gubernur.

"Kami datang ke sini untuk bersilaturahim dan kami berterimakasih kepada tokoh adat dan masyarakat Desa Pondok Damar yang menyambut kedatangan kami," ujar Gubenur Sugianto.

Penyambutan dengan potong pantan merupakan tradisi masyarakat lokal. Selepas potong pantan dilanjutkan dengan prosesi tampung tawar dan penyerahan mandau kepada Gubernur serta Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng Agustiar Sabran.

Gubernur datang ke Desa Pondok Damar bersama Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko, Danrem 102/Panju Panjung Kolonel ARM Naudy Nurdika, Kejati Kalteng Adi Sutanto, Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, dan Pjs Bupati Seruyan Leonard S Ampung.

Kedatangan Gubernur mengusung misi penyelesaian konflik yang terjadi antara perusahaan PT Mustika Sembuluh dean masyarakat di desa.

Konflik itu harus ditengahi Gubenur agar tidak terjadi hal yang tidak diingingkan, yang dapat membuat keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi terusik. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru