Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Batu Kotam Diminta Kelola Lahan Tanpa Bakar

  • Oleh Heriyadi
  • 26 Maret 2018 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Petani Desa Batu Kolam, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, diminta meninggalkan cara membuka lahan dengan cara bakar. Sebagai gantinya, petani bisa membuka lahan dengan menggunakan herbisida.

"Kami bersama PPL melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat desa Batu Kotam. Dimana dalam mengolah lahan untuk pertanian, tidak lagi dengan cara dibakar, namun menggunakan herbisida,” tegas Babinsa Desa Batu Kotam Muhamad Dong, kemarin.

Ia menjelaskan, pemerintah melarang membuka lahan dengan cara membakar untuk mengantisipasi bencana kabut asap yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurutnya, larangan tersebut bukan hanya berlaku bagi yang ingin membuka lahan berskala besar. Namun, berlaku juga bagi masyarakat yang sekadar mau membuka lahan untuk pertanian. Sehingga barang siapa yang melanggar sudah pasti dikenakan pidana.

Sebagai langkah dan upaya agar masyarakat khususnya para petani bisa bercocok tanam, maka diperlukan pengalihan cara membuka lahan. "Dari yang sebelumnya menggunakan cara bakar, sudah seharusnya petani beralih ke cara tanpa bakar, yakni menggunakan herbisida," terangnya.

Dong menambahkan, sosialisasi tersebut penting untuk disampaikan, mengingat Desa Batu Kotam adalah desa di Kabupaten Lamandau dengan jumlah petani yang cukup banyak. (HERIYADI)

Berita Terbaru