Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Perdagangan Gelar Rakor Stabilitas Harga Hadapi Puasa

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 26 April 2018 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti puasa dan Idul Fitri, Kementerian Perdagangan bersinergi dengan Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) dan pelaku usaha menggelar rapat koordinasi (Rakor) stabilitas harga dan stok/pasokan barang kebutuhan pokok.

Rapat koordinasi berlangsung di Hotel Aquarius, Palangka Raya, Kamis (26/4/2018). Staf Khusus Bidang Efektifitas dan Perdagangan Radix Siswo Purnowo menjelaskan, pemerintah setiap tahun selalu mempersiapkan pemantauan harga dan pasokan bahan pokok menjelang Puasa dan Lebaran.

"Untuk itu, diperlukan koordinasi antara para pemangku kepentingan di daerah, baik Pemda, Satgas Pangan, pelaku usaha maupun distrobutor untuk melakukan penetrasi pasar rakyat dan ritel modern," ujar Radix, Kamis (26/4/2018).

Radix juga menjelaskan, rakor stabilitas harga merupakan bagian tindak lanjut arahan Kementerian Perdagangan Enggartiasto Lukita pada rapat koordinasi nasional BHKN pada 23 Maret 2018 lalu di Bandung.

Berdasarkan hasil pemantauan pasar pada pasar Besar Palangka Raya dan pasar Kahayan Palangka Raya pada 25-26 April 2018, harga bahan pokok relatif stabil.

Tercatat harga rata-rata di kedua pasar tradisional tersebut, harga beras premium relatif di bawah HET, yaitu sebesar Rp12.900 hingga Rp13.000 per Kg, sedangkan beras HET Kalimantan Rp13.300 per Kg.

Harga beras medium relatif stabil di bawah HET Rp9.800 per Kg, sedangkan harga medium HET Kalamantan Rp9.950 per Kg. (GAZALI/B-2)

Berita Terbaru