Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Sebut Pramuka Pencetak Generasi Andal

  • Oleh Lapro B Giadi
  • 29 April 2018 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Pramuka merupakan sebuah organisasi yang tidak pernah pasang surut, mulai masa kepanduan hingga saat ini pramuka mampu mengadakan berbagai kegiatan positif yang mencetak generasi yang andal.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi PPP di DPRD Kabupaten Kapuas Darwandie saat dimintai tanggapan mengenai kegiatan Scounting Creativity Competition (SCC) ke-10 di SMAN 2 Kuala Kapuas, Minggu (29/4/2018).

Darwandie menyebut, SCC melahirkan berbagai prestasi scouting skill yakni orientering game, outdoor scouting activity game, apresiasi seni dan budaya daerah, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesakaan, serta berbagai lomba lainnya. Selain itu, mempererat tali persaudaraan.

"Saya dulu masa sekolah juga aktif kegiatan kepramukaan, di mana saat itu semangat bela negara sangat kental dalam kepramukaan," kata Darwandie.

Seiring dengan perubahan zaman, saat gerakan pramuka mengedepankan berbagai pengetahuan, seperti tentang teknologi, kesakaan, kerja sama kelompok, dan semangat persatuan yang merupakan karakter kuat dalam bela negara.

Wawasan kebangsaan juga tetap menjadi materi utama dalam kegiatan kepramukaan.

Darwandie juga menegaskan bahwa sejumlah permasalahan yang dihadapi generasi muda saat ini merupakan tantangan bagi pembina pramuka.

Generasi muda saat ini, katanya, dihadapkan pada maraknya kasus kenakalan remaja. Hal itu mengharuskan semua orang pandai mawas diri dan meningkatkan kualitas pribadi dengan aktif berorganisasi. Salah satunya terlibat dalam kegiatan kepramukaan.

"Usia pada tingkatan penggalang dan penegak di pramuka adalah masa-masa remaja yang sangat rawan terbawa berbagai masalah dan sosial," ucap Darwandie.

Namun, pramuka telah memberikan jawaban dengan sendirinya. Hal itu terlihat dengan terus beraktivitasnya gerakan pramuka dan mampu menjadi wadah bagi generasi muda untuk berpikir positif. (LAPRO/B-3)

Berita Terbaru