Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Ingin Kerjasama Bangun Pemancar di Daerah Terisolasi Jaringan Telepon

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 30 April 2018 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan ingin kerjasama dengan perusahaan provider telekomunikasi membangun tower pemancar sinyal di sejumlah daerah yang terisolasi akses komunikasi atau telepon di wilayah setempat.

“Kita coba jajaki kerjasama dengan provider komunikasi atau operator seluler untuk membangun perangkat semacam BTS atau tower pemancar sinyal yang akan kita tempatkan di Tumbang Langkai, Kecamatan Suling Tambun,” kata Penjabat Sementara Bupati Seruyan Leonard S Ampung di Kuala Pembuang, akhir pekan ini.

Menurut Leonard, apabila mengunjungi  Tumbang Langkai, ibukota Kecamatan Suling Tambun, jangan kaget jika di wilayah tersebut sama sekali tidak ada jaringan telepon seluler, apalagi layanan internet.

Hal itu lantaran hingga kini  wilayah tersebut masih masuk dalam zona blank spot atau tanpa jaringan seluler , sehingga wilayah ini sangat terisolir dari arus informasi dan akses komunikasi.

“Tidak adanya jaringan komunikasi di wilayah Suling Tambun menjadi salah satu perhatian kita, karena sarana komunikasi menjadi  bagian penting dalam pembangunan suatu wilayah,” katanya.

Menurut Pjs Bupati Seruyan, tidak adanya jaringan komunikasi di wilayah ini membuat kecamatan ini tertinggal dari wilayah lainnya. Oleh karena itu, keterisolasian dari arus informasi dan akses komunikasi menjadi masalah utama daerah ini.

Dengan adanya sarana komunikasi, terang Leonard, jelas akan membawa dampak positif bagi warga setempat, sehingga bisa berkomunikasi dengan sanak keluarga yang berada di luar, termasuk jika ada jaringan internet tentunya akan mempermudah melihat harga pasar dan menjual hasil perkebunan, sehingga harga tidak lagi di permainkan dan pertumbuhan ekonomi turut berkembang.

“Di sini punya potensi rotan, karet dan komoditas lainya, namun sangat sulit mengakses pasar bahkan karena sulitnya berkomunikasi. Akhirnya, para pembeli pun tidak tahu kapan waktunya warga menjual hasilnya ke pasar,” imbuhnya.

Melihat kondisi yang memprihatinkan tersebut, tambah Leonard, Pemkab Seruyan akan berusaha maksimal, segera menjajaki kerjasama dengan beberapa operator agar bisa mendirikan jaringan komunikasi di Kecamatan Suling Tambun dan menambah jaringan untuk internet di Seruyan Hulu.

Berita Terbaru