Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa SMAN 2 Kumai Beramai-ramai Bersihkan Pantai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 April 2018 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 30 siswa SMAN 2 Kumai ramai-ramai membersihkan Pantai Arut Tebal yang berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). 

Aksi bersih pantai pada Minggu (29/4/2018) itu diadakan oleh Balai TNTP dalam rangka memeringati Hari Bumi sekaligus memberikan edukasi tentang konservasi lingkungan pada siswa SMA.

Staf Balai TNTP Roy Setiawan menjelaskan tujuan digandengnya siswa SMA agar mereka lebih menyadari dan paham mengenai manfaat menjaga kelesatrian lingkungan dan alam.

"Lokasi yang menjadi tempat kegiatan adalah Pantai Arut Tebal yang berada di lokasi Resort Sungai Cabang. Resort ini terletak di selatan TNTP dengan luasan 53 ribu hektare," jelas Roy.

Kegiatan tersebut juga didampingi oleh NGO lingkungan yang menjadi mitra yaitu Friend of National Parks Foundation (FNPF).

Menurut Roy, bersih pantai tersebut bertujuan agar penyu yang biasa mendarat di garis pantai bisa lebih mudah naik ke daratan untuk bertelur. "Malam harinya kita juga menggelar kegiatan pengamatan penyu. Kemudian saat matahari terbit kita juga menggelar pelepasliaran 30 ekor tukik atau anak penyu sisik yang baru berumur 2 hari," jelasnya.

Roy menjelaskan, selain Pantai Tanjung Keluang, kawasan Pantai Arut Tebal juga merupakan salah satu tempat pendaratan penyu yang terdapat di Kabupaten Kobar.

"Dalam kegiatan itu, kita juga memberikan sosialisasi mengenai penyelamatan penyu. Salah satunya adalah Penyu Sisik yang biasa diburu oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan daging dan telurnya," jelas Roy. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru