Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beri Pengertian Sejak Usia Dini Untuk Hidup Hemat

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 08 Mei 2018 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Orangtua diimbau memberi pengertian kepada anak sejak usia dini untuk hidup hemat, seperti dengan tidak membeli barang yang bukan kebutuhan anak itu sendiri. Sehingga mereka hanya membeli barang yang dibutuhkan saja.

"Sehingga orangtua harus mengajarkan anak cara menggunakan uang secara efisien sesuai keperluannya, serta barang yang tidak diperlukan tidak perlu dibeli. Lambat laun anak akan memahami hal tersebut dan akan mulai berpikir serta bijak dalam menggunakan uang," kata Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Salundik, Selasa (8/5/2018).

Orangtuga seyoganya bisa mengarahkan anaknya agar paham bahwa menabung itu bukan dari sisa uang, tapi bagaimana caranya menggunakan uang tersebut secara hemat, efektif, dan sesuai dengan keperluannya. Sehingga anak-anak tidak menghamburkan uang secara sia-sia.

"Kita harus memberikan pemahaman kepada anak seperti, anak ingin membeli balon. Oleh karena itu orang tua harus memberikan pengertian seperti penjelasan yang terkait dengan barang yang diinginkan anak tersebut. Sehingga kita memberikan larangan berupa pemahaman agar anak mengerti apa yang akan disampaikan oleh orang tua," ucapnya.

Untuk membeli sesuatu itu boleh asalkan waktunya pas, sama halnya seperti memberi balon orang tua harus menjelaskan bahwa balon ini cocok dibeli pada saat tahun baru, sehingga anak-anak tidak memberontak pada saat diberi larangan untuk membeli barang yang diinginkan. (HARDI/B-5)

Berita Terbaru