Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Barito Selatan Laksanakan Tiga Survei

  • Oleh Uriutu
  • 08 Mei 2018 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Badan Pusat Statistik (BPS) Barito Selatan tengah melakukan tiga survei yang memiliki peranan penting untuk kemajuan Indonesia.

Kepala BPS Barsel, Eddy Surahman mengatakan, tiga survei tersebut yakni Pendataan Potensi Desa (Podes 2018), Survei Pertanian Antar Sensus (Sutas) dan survei Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB).

“Tiga survei ini memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa Indonesia,” kata Eddy Surahman.

Ia menjelaskan, untuk survei Podes merupakan satu-satunya basis data kewilayahan yang dimiliki hingga tingkat desa. Survei ini dilaksanakan untuk mendukung sensus penduduk tahun 2020 mendatang.

Tujuannya, lanjut dia, menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan sosial, ekonomi, sarana, dan prasarana wilayah.

Serta menyediakan data untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan perencanaan wilayah di tingkat nasional dan tingkat daerah baik data keperluan updating klasifikasi/tipologi desa.

Ia menambahkan, untuk hasil Sutas ini nanti bermanfaat untuk mendapatkan fenomena perubahan usaha pertanian tahun 2013 dan 2018, proyeksi populasi ternak, dan perencanaan survei pertanian lainnya sebelum pelaksanaan ST 2023.

Sementara untuk Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), lanjut dia, pihaknya melakukan pendataan terkait aset-aset daerah. Dalam pendataan ini akan dilihat selisih antara aset masuk dan keluar.

“Tujuan dan manfaat dari penyusunan disagregasi PMTB untuk memperoleh data yang lebih terinci berdasarkan institusi, industri/lapangan usaha dan jenis komoditi,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru