Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah ODHA di Kapuas Mencapai 47 Orang

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 28 Mei 2018 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - ODHA (orang dengan HIV/AIDS) di Kabupaten Kapuas terhitung dari tahun 2012 sampai Maret 2018 ada 47 orang. Jumlah itu diketahui melalui tes baik secara sukarela maupun inisiatif petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas.

"Berdasarkan data yang kami dapat sampai November 2017 prosentase kasus HIV AIDS berdasarkan perkerjaan, untuk wiraswasta ada tujuh orang, karyawan ada empat orang, ibu rumah tangga ada delapan orang, buruh kasar ada empat orang," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Tri Setyantami, Senin (28/5/2018).

Kemudian, PNS ada tiga orang, petani atau peternak ada sembilan orang, pekerja seks tiga orang, sopir satu orang dan lain-lainnya ada tiga orang.

Sedangkan menurut jenjang usia, di bawah 4 tahun ada satu orang, 5-14 tahun ada dua orang, usia 15-19 tahun ada satu orang, usia 20-24 tahun ada empat orang, untuk usia 25-49 tahun ada 27 orang dan usia 50 tahun ke atas ada tujuh orang.

"Kalau seseorang itu sudah terkena HIV AIDS maka harus diobati dengan segera. Untuk obatnya gratis dari pemerintah pusat dan pengobatannya dilakukan seumur hidup. Serta untuk pencegahannya seperti melakukan kegiatan ABCDE," terangnya.

Abstinence (A) seperti tidak berhubungan seks bagi yang belum memiliki pasangan resmi. Be Faithful (B) yang artinya setia dengan pasangannya. Condom (C) seperti menggunakan kondom saat berhubungan seks untuk menghindari tertularnya penyakit dan mencegah kehamilan.

Drugs (D) yang artinya jauhi narkoba terutama yang menggunakan jarum suntik. Education (E) yang artinya melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang berkaitan dengan HIV AIDS. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru