Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asuransi Pertanian Ada Subsidinya Cuma Padi, Sapi, dan Kerbau

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Juni 2018 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Asuransi Pertanian disebut sebagai upaya pemerintah memberikan perlindungan terhadap masyarakat petani, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

Semuanya bisa didaftarkan asuransi, namun Asuransi pertanian yang ada subsidinya sementara hanyalah untuk tiga komoditas yaitu padi, sapi, dan kerbau.

“Asuransi Pertanian yang ada subsidinya cuma Padi, Sapi, dan Kerbau,” terang Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng, Sunarti kepada Borneonews, Kamis (7/6/2018).

Sebelumnya ia mengatakan, asuransi pertanian bertujuan memberikan kemudahan dan perlindungan petani atau peternak dalam menanggung risiko usaha tani akibat bencana alam, serangan hama, dan penyakit hewan.

Ada bentuk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dengan besaran premi Rp36 ribu per hektare (ha), dengan ganti rugi gagal panen Rp6 juta per hektare.

Bentuk asuransi ini mengkover ganti rugi yang disebabkan oleh banjir, hama, dan penyakit. Kemudian bentuk kedua, berupa Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Dengan premi senilai Rp40 ribu per ekor pertahun. Ganti rugi yang diperoleh peternak adalah Rp10 juta per ekor. Ini mengkover untuk tanggung risiko yang disebabkan kematian karena penyakit, kecelakaan beranak, dan kehilangan. (ROZIQIN/m)

Berita Terbaru