Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Lebaran, Permintaan Sediaan Uang Tunai Capai Miliaran Rupiah per Hari

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Juni 2018 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Direktur Bank Kalteng, Yayah Diasmono mengungkapkan, permintaan uang dalam bentuk tunai jelang lebaran cukup tinggi, bahkan mencapai miliaran rupiah per hari.

Tak hanya itu, kecepatan penarikan di anjungan tunai mandiri (ATM) kalah cepat dengan persiapan petugas untuk menyediakan lagi atau mengisi kembali brankas ATM, sehingga sempat terjadi kekosongan.

“Ini tidak di kami saja, industri perbankan lain juga mengalami kejadian serupa. Lagi tinggi-tingginya masyarakat menarik uang. Dan tidak mesti di ATM milik bank tempat nasabah itu menyimpan. Bisa saja ia mengambil melalui ATM bersama atau dari ATM bank lain. Pernah sehari saja capai Rp 20 miliar di satu kabupaten saja,” kata Yayah Diasmono, di Palangka Raya, Senin (11/6/2018).

Dia mencontohkan kejadian di Kabupaten Sukamara pekan lalu. Antusiasme masyarakat cukup tinggi menarik uang di ATM Bank Kalteng. Sementara nasabah yang memanfaatkan, bukan hanya dari Bank Kalteng.

Hasil record menunjukkan pengambilan jumlah besar justru nasabah bank lain yang memanfaatkan keberadaan ATM Bank Kalteng. Bahkan sempat ATM kosong, dan ada nasabah Bank Kalteng yang tidak kebagian.

Diasmono hanya menyayangkan, ada media cetak lokal menyebut kas kosong. Padahal yang betul, sediaan ATM yang habis dan menunggu pengisian. Dan bukan kas Bank Kalteng yang kosong. Sayangnya, tidak dikonfirmasi ke pihaknya. Sehingga memantik kepanikan warga setempat.

“Bener sempat ATM kosong (bukan kas kosong), tetapi terus diisi. Antrean itu banyak juga nasabah dari BRI, Mandiri, mereka juga ngos-ngosan menyediakan uang tunai di ATM-nya, faktanya begitu dan ini biasa," kata Diasmono.

"Jadi ATM kosong, itu bukan berarti kas kosong. Hari itu juga dikirim lagi, begitu seterusnya ketika ada ATM kosong,” pungkasnya. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru