Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program e-Warung untuk Meminimalisasi Penyalahgunaan Bansos

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2018 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah mengatakan, program e-Warung yang digagas pemerintah pusat dapat langsung dirasakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan warga miskin sehari-hari.

Program e-warung ini juga menurutnya untuk meminimalisasi penyalahgunaan bantuan sosial (bansos) yang selama ini masih saja terjadi.

"Program e-warung ini memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan warga miskin sehari-hari tanpa bisa dibelanjakan selain untuk membeli sembako. Program pemerintah pusat melalui e-warung, dapat membantu meminimalisasi penyalahgunaan (bansos) yang kerap kali diberikan kepada masyarakat yang bukan dari kalangan kurang mampu di lapangan," kata Mukarramah, Selasa (19/6/2018).

Bantuan ini juga menurut politisi Nasdem ini sifatnya non tunai sehingga hanya bisa dibelanjakan di e-warung yang telah tersedia di beberapa tempat.

"Karena kalau bersifat bantuan tunai penggunaannya kerap tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bantuan yang harusnya untuk membeli beras misalnya malah dibelanjakan untuk yang lain, pas tidak ada beras lalu mau dibeli dengan apa kalau bantuan yang harusnya untuk beras malah disalahgunakan," bebernya.

Mukarramah mengharapkan agar program ini dapat terlaksana dengan tepat sasaran, sebab selama ini bantuan dalam bentuk apapun bagi warga miskin menurutnya kerap kali tidak tepat sasaran.

Hal ini, karena data yang digunakan tidak valid lagi sehingga pendataan ulang ataupun pemutakhiran data wajib dilakukan. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru