Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendalikan Pertambahan Penduduk Kotawaringin Timur

  • Oleh Naco
  • 07 Juli 2018 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masalah pertumbuhan penduduk perlu penanganan yang serius karena itu erat kaitannya dengan pelaksanaan program pembangunan daerah. Itu ditegaskan anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Sinar Kamala.

"Pertumbuhan penduduk dapat berdampak negatif dan positif bagi daerah," kata Sinar Kamala, Sabtu (7/7/2018).

Menurutnya, dampak negatifnya adalah terjadinya persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, adanya persaingan dalam mendapatkan permukiman, meningkatnya jumlah kemiskinan dan rendahnya kesempatan pendidikan.
     
"Sedangkan dampak positifnya adalah berlimpahnya sumber daya manusia (SDM)," tukas politisi partai Golkar itu.

Dengan itu dapat meningkatkan produksi terutama dalam memenuhi sebuah kebutuhan, kemudian meningkatkan solidaritas antar bangsa, dan kesempatan berwirausaha menjadi lebih besar.

"Dari itu kami meminta pemerintah untuk mengantisipasi laju pertambahan  penduduk. Lonjakan penduduk di Kotim terjadi selain akibat angka kelahiran, juga karena adanya migrasi penduduk dari luar daerah," tandasnya.      

Jangan sampai menurutnya kurang terkendalinya laju pertumbuhan penduduk tersebut membuat bertambahnya angka tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran serta masalah sosial lainnya yang dikhawatirkan akan muncul. (NACO/B-5)

Berita Terbaru