Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Desa di Kotawaringin Timur Harus Rutin Dieveluasi

  • Oleh Naco
  • 11 Juli 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo  meminta seluruh pelaksanaan program pemerintahan di desa bisa dievaluasi secara rutin.

Mengingat saat ini sudah berjalan pada tahun ketiga untuk penggunaan dana desa.  Sehingga DPRD menilai perkembangan pembangunan di desa masih belum terlihat secara signifikan.

Keuangan desa, lanjut politisi Partai Demokrat itu  harus diprioritaskan untuk kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. 

Karena masyarakat sebagai subyek pembangunan, maka dari itu mereka harus menyusun perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangannya, melalui Musrenbangdes.

"Sudah tahun ketiga berjalan masih banyak desa yang mengusulkan pembangunan di desanya," kata Handoyo, Rabu (11/7/2018).

Padahal dengan dana desa itu bisa digunakan untuk pembangunan di desa, sehingga ia mempertanyakan seperti apa program pembangunan di desa itu sehingga masih berharap banyak kepada APBD Kabupaten.

Menurutnya  kepala desa wajib mensikronisasi program pemerintah dan program desa. Agar sejalan untuk menuntaskan persoalan  yang tengah berkembang.  

Menurutnya proses pengintegrasian ini tentu saja harus dilakukan melalui musrenbangdes, musrenbangcam dan musrenbang kabupaten/kota, dengan melaksanakan prinsip partisipasi dan pemetaan yang tepat serta komprehensif. Hal ini juga menurut dia untuk menghindari tumpang tindih kegiatan.(NACO/m)
 

Berita Terbaru