Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Minyak Sawit RI ke India Bakal Lebih Lancar 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 17 Juli 2018 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Publik India diharapkan tak lagi memikirkan masalah aspek keberlanjutan minyak sawit yang didatangkan dari Indonesia, karena dipastikan komoditas ini sudah melalui proses sesuai standar keberlanjutan.

Terlebih antara pihak Indonesia dengan India sudah menjalin kesepakatan melalui penandatanganan nota kesepahaman terkait kerangka keberlanjutan produksi minyak sawit dan perdagangan Indonesia-India. Penendatanganan kesepakatan itu dilakukan oleh Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), The Solvent Extractors' Association (SEA) India, dan Solidaridad Network Asia Limited (SNAL), di Jakarta, awal pekan ini. 

Tak hanya itu, kedua negara juga sepakat untuk membahas tentang kemungkinan sinergi antara dua sertifikasi sawit berkelanjutan, yakni Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) dan The Indian Palm Oil Sustainability (IPOS).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, kerja sama tersebut dapat memperkuat hubungan Indonesia dan India di bidang pertumbuhan minyak nabati dan produk turunannya.

Adapun ekspor produk minyak sawit Indonesia ke India mencapai 4,9 miliar dolar AS atau sekitar 34,8 persen total ekspor Indonesia ke India.

"Data tersebut menunjukkan pentingnya minyak sawit bagi kedua negara. Saya yakin kolaborasi ini bisa mengedepankan diskusi tentang pertumbuhan kelapa sawit yang berkelanjutan seperti yang telah dibahas pemimpin kedua negara," ujar Darmin.

India merupakan salah satu pengguna terbesar kelapa sawit Indonesia di samping China. Oleh karena itu, Darmin menilai komunikasi kedua pihak perlu dibangun tidak hanya antarpemerintah tetapi juga antar-asosiasi. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru