Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Pemkab pada Mahasiswa KKN di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Juli 2018 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotim mengharapkan kepada mahasiswa IAIN Palangka Raya yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah ini dapat memberikan dampak baik, seperti mencerdaskan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat. 

"Kami mengapresiasi KKN dari mahasiswa IAIN ini. Harapan kita sedikit banyaknya dapat memberikan kecerdasan, pengetahuan, dan menyejahterakan masyarakat nantinya," kata Staf Ahli Bupati Kotim Sutaman, saat menyampaikan sambutan bupati pada penerimaan mahasiswa IAIN Palangka Raya yang melaksanakan KKN di Kotim, Rabu (18/7/2018).

Sutaman berpesan, agar mahasiswa nantinya bisa menerapkan metode komunikasi yang santun dan tepat. Sesuai dengan adat istiadat masyarakat setempat. Dan bisa membantu mengatasi permasalahan di masyarakat.

"Jadi harus dapat melakukan pemberdayaan masyarakat desa, guna meningkatkan kesejahteraan yang lebih baik," kata Sutaman.

Dia menambahkan, mahasiswa sebagai agen pembaharuan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama KKN. Karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi, motivator, bahkan fasilitator.

"Saya ingatkan peran tersebut tidak mudah, karena permasalahan di desa sangat kompleks dan beragam. Jadi itulah yang harus dapat diselesaikan dan dicari jalan keluarnya," terang Sutaman.

Dirinya juga berpesan agar KKN ini dapat diikuti dengan baik. Karena ini sebagai pembelajaran berbaur kepada masyarakat. Dan menerapkan ilmu materi yang didapat selama belajar di perguruan tinggi. Sehingga ketika nantinya sudah dinyatakan lulus, tidak kaget cara berkomunikasi dan membaur. 

Sementara itu, mahasiswa yang melaksanakan KKN di Kotim ada 227 orang. Mereka ditempatkan di enam kecamatan yang ada. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru